Gamat Emas yang Kaya Nutrisi

Teripang adalah hewan laut yang tergolong invertebrata dan memiliki bentuk seperti timun. Karena itu, teripang juga biasa disebut dengan timun laut. Hewan ini merupakan pemakan makanan organik dan memiliki kemampuan regenerasi sel sangat cepat. Tubuh teripang yang dipotong akan segera menjadi bentuk hewan utuh baru hanya dalam waktu 2 jam. Jumlah teripang utuh akan semakin banyak sesuai dengan jumlah potongan tubuhnya.

Tubuh teripang akan meleleh hingga menjadi lendir jika terkena udara langsung dalam waktu lama. Namun, tubuhnya akan memadat seperti semula saat dikembalikan ke dalam air asin.

Prof. Ridwan Hashim dari Malaysia menemukan cell growth factor dalam tubuh teripang, yaitu faktor pertumbuhan atau peregenerasi sel yang sangat tinggi.

Gamat emas merupakan nama lain dari teripang yang tubuhnya cenderung berwarna emas dan umumnya berukuran lebih besar daripada jenis lainnya. Hewan ini bergerak lambat, hidup di dasar substrat pasir, pasir lumpuran, atau dalam lingkungan terumbu.

Gamat emas juga memiliki cell growt factor sehingga mampu merangsang regenerasi atau pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak, sakit, bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat dan pulih kembali.

Tidak hanya itu, alasan gamat emas banyak dijadikan sebagai bahan baku obat dan suplemen kesehatan adalah karena kaya akan nutrisi. Cina yang terkenal dengan pengobatan tradisonalnya ternyata sudah memanfaatkan gamat sejak zaman dulu. Karena dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, dari yang ringan, seperti amandel, hingga penyakit berat, seperti sakit jantung.

Sejumlah zat gizi terkandung dalam gamat, seperti karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, vitamin A (retinol), vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), chondroitin sulfate, cairan coelomic, asam palmitic, stearic, dan linoleic, squalene, hingga triterpenoid.

Selain itu, gamat emas kerap disebut imunomodulator. Karena mengandung protein dan asam lemak esensial yang ampuh memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibodi.

Kandungan kolagen yang tinggi pada gamat juga ampuh melakukan regenerasi sel secara singkat. Ditambah lagi, gamat larut dalam air sehingga langsung terserap di hati tanpa mengalami detoksifikasi.

Berikut ini beberapa manfaat gamat bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Mempercepat penyembuhan luka

Ekstrak gamat emas terbukti dapat membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka, baik di permukaan kulit maupun di dalam tubuh.

Rantai asam lemak tak jenuhnya bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka, serta mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit.

2. Meningkatkan imunitas

Kandungan asam amino di dalam gamat, seperti glisin dan asam glutamat, diketahui mampu menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, gamat juga merupakan sumber protein yang baik, sehingga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selama tidak mengonsumi berlebihan, protein sangat membantu metabolisme dalam memperbaiki jaringan sel, memproduksi enzim dan hormon untuk menjaga fungsi sel dan organ, membangun sel dan jaringan dalam tubuh, serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

3. Melawan sel kanker

Dalam Bioorganic & Medical Chemistry Letters, para peneliti menemukan zat sitotoksik, lebih tepatnya de-echinoidea, dalam gamat, yang dapat mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, kandungan glikosida triterpen yang memiliki aktivitas antitumor juga ditemukan pada gamat emas asal Vietnam. Kandungan ini terbukti dapat melawan beberapa jenis kanker, di antaranya kanker pada payudara, prostat, usus besar, paru-paru, dan kanker kulit.

4. Menjaga kesehatan jantung

Gamat mengandung zat aktif yang disebut fucosylated chondroitin sulfate (FCS). Zat tersebut bersifat antikoagulan atau dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marine Drugs membuktikan bahwa gamat memberikan kontribusi terhadap kesehatan jantung dengan membantu penurunan tekanan darah.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia bersama dengan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia menyebutkan bahwa gamat emas memiliki kadar asam dokosa heksanat (docosahexaenoic acid/DHA) yang bisa dikatakan tinggi, yakni mencapai 3,69%.

Zat DHA ini merupakan obat yang ampuh untuk mengurangi trigliserida darah yang umumnya menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada gamat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tulang. Kolagen yang terkandung juga dapat membantu tulang mempertahankan kadar kalsium yang tinggi, sehingga meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Namun, kandungan kalori yang tinggi pada gamat harus diperhatikan untuk berhati-hati, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping.

Gamat emas memang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, kita perlu memerhatikan dua hal berikut ini sebelum mengonsumsi gamat emas. Yaitu, (1) waspada terhadap alergi yang ditimbulkannya, terutama yang memiliki riwayat alergi makanan laut. (2) Berhati-hati terhadap terjadinya pendarahan. Pasalnya, gamat mengandung zat antikoagulan yang dapat mengencerkan darah.

Mengingat dua hal itu, sebaiknya hindari mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak gamat bagi Anda yang hendak melakukan operasi besar. Hentikan pula konsumsinya jika Anda mengalami memar, mimisan, atau keluar darah yang tak kunjung berhenti.