Daun Insulin Ternyata Tak Hanya untuk Penderita Diabetes

Daun Insulin Ternyata Tak Hanya untuk Penderita Diabetes

Bukan daun sembarang daun
Daun insulin nama kerennya
Bukan madu sembarang madu
Nahala Goldy nama bekennya

Apakah Anda tahu daun insulin? Ini adalah tanaman obat dengan nama Latin Smallanthus sonchifolius atau sering disebut insulin yakon. Menurut sejarahnya, daun insulin berasal dari Meksiko, lalu menyebar ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan, hingga sampai ke Asia dan Afrika. Di Indonesia, daun ini banyak dikenal sebagai tanaman hias. Budidayanya pun tergolong masih baru. Namun, seiring dengan popularitasnya sebagai penangkal diabetes, permintaan terhadap tanaman ini makin meningkat dan mengundang banyak orang untuk membudidayakannya.

Kandungan nutrisinya adalah fruktosa, protein, flavonoid, alkaloid, glikosida, tanin, saponin, aloksan, dan steroid. Senyawa-senyawa itu dapat bertindak sebagai antioksidan, antibakteri, dan antidiabetik. Dengan kandungannya itu, daun ini dipercaya punya banyak khasiat untuk kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.

Secara ilmiah, khasiat daun insulin telah dibutikan para peneliti. Schorr pada 2005 membuktikan, daun insulin dapat menghambat migrasi leukosit polimorfonuklear (PMN). Ini artinya tanaman herbal ini bersifat antiradang. Berdasarkan jurnal berjudul A Review on Insulin Plant, di India, terungkap bahwa mengonsumsi satu daun insulin per hari dapat menjaga kadar gula darah tidak naik.

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, tanaman ini tak hanya baik untuk diabetes tapi juga untuk membantu penanganan berbagai penyakit lain. Salah satunya kanker. Ini karena ekstrak etanol di dalamnya berpotensi jadi antikanker dan antiproliferatif. Tak hanya itu, ekstrak daun ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Berkaitan dengan itu, kini tersedia minuman herbal yang tak hanya terbuat dari ekstrak daun insulin tapi juga madu hitam pahit, gamat emas, propolis trigona, sambiloto, dan habbatussauda. Namanya Nahala Goldy, yang telah bisa Anda dapatkan di apotek dan toko-toko obat terkemuka di kota Anda.

Berbeda dengan produk lain, di setiap kotak Nahala Goldy terdapat cerita pendek lucu dan menggelitik, dengan episode yang diacak. Bila berhasil mengumpulkan cerpen itu 10 episode berurutan, Anda berhak mendapatkan hadiah menggiurkan, mulai dari HP hingga sepeda motor. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.nahalagoldy.com dan instagram @Nahalagoldyofficial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *